Garmega Virginia

Rabu, 20 Agustus 2014

Fisioterapi "Bukan Tukang Urut"



Hiii guys Assalamualaikum kali ini aku bakal ngebahas jurusan aku sendiri yaitu Fisioterapi. Langsung kalian baca dan pahami ya apa itu fisioterapi sebenarnya dan jangan sampe salah nilai lagi!!!

Apakah Fisioterapi ?

Menurut Wikipedia fisioterapi itu merupakan ilmu yang menitikberatkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak.
Dan kalo menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.778 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelayanan Fisioterapi di Sarana Kesehatan, fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak, dan komunikasi. Fisioterapi dapat melatih pasien dengan olahraga khusus, penguluran dan bermacam-macam teknik dan menggunakan beberapa alat khusus untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien yang tidak dapat diatasi dengan latihan–latihan fisioterapi.
Orang yang menjalankan pelayanan Fisioterapi disebut Fisioterapis. Fisioterapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dimensi Pelayanan Fisioterapi meliputi upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan dan pemulihan gangguan sistem gerak dan fungsi dalam rentang kehidupan dari praseminasi sampai ajal, yang terdiri dari upaya-upaya:
a.Peningkatan dan pencegahan (promotif dan preventif), Pelayanan fisioterapi dapat dilakukan pada pusat kebugaran, pusat kesehatan kerja, sekolah, kantor, pusat panti usia lanjut, pusat olahraga, tempat kerja/industri dan pada pusat-pusat pelayanan umum.
b.Penyembuhan dan pemulihan (Kuratif dan Rehabilitatif), pelayanan fisioterapi dapat dilakukan pada rumah sakit, rumah perawatan, panti asuhan, pusat rehabilitasi, tempat praktek, klinik privat, klinik rawat jalan, puskesmas, rumah tempat tinggal, pusat pendidikan dan penelitian.
Berdasarkan ruang lingkup pelayanan fisioterapi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, dibagi menjadi:
a.Fisioterapi Kesehatan Wanita
b.Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak
c.Fisioterapi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
d.Fisioterapi Usia Lanjut
e.Fisioterapi Olahraga
f.Fisioterapi Kesehatan Masyarakat
g.Fisioterapi Pelayanan Medik: pengembangan pelayanan fisioterapi pelayanan medik didasari pada spesifikasi problem kesehatan pasien, seperti fisioterapi Muskuloskeletal (penyembuhan dan pemulihan gangguan anggota gerak tubuh terdiri dari otot, tulang, sendi, jaringan ikat), Fisioterapi Kardiovaskulopulmonal (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan jantung, pembuluh darah, dan paru), Fisioterapi Neuromuskular (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan sistem syaraf pusat dan sistem syaraf tepi), Fisioterapi Integument (penyembuhan dan pemulihan pada kecacatan fisik dan kulit).
Fisioterapi dalam melaksanakan praktik fisioterapi berwenang untuk melakukan:
a.Asesment Fisioterapi;
b.Diagnosa Fisioterapi;
c.Perencanaan Fisioterapi;
d.Intervensi Fisioterapi;
e.Evaluasi/re-evaluasi/re-asesmen.
Fisioterapi dapat melaksanakan praktik Fisioterapi pada saranan kesehatan, praktik perseorangan dan/atau berkelompok. Fisioterapi dalam melakukan praktek Fisioterapi dapat menerima pasien/klien dengan atau tanpa rujukan.
Ada berbagai macam jenjang pendidikan Fisioterapi di Indonesia saat ini yaitu: D3, D4 dan S1+Pendidikan Profesi, gelar pendidikan Fisioterapi di Indonesia adalah: D3 (A.Md.Ft), D4 (S.St.Ft) S1 (S.Ft) dan gelar pendidikan profesi Fisioterapi disebut dengan "Physio".

Siapa itu Fisioterapi ?

Pada dasarnya, seorang fisioterapis adalah seseorang yang praktik prinsip-prinsip terapi fisik. Atau, Fisioterapi adalah bidang kesehatan yang berfokus pada pasien yang mengalami defisiensi fungsional, gangguan, atau kondisi lain yang membatasi fungsi normal dan mencegah pencapaian potensi penuh pasien fisik. Seorang fisioterapis adalah penyedia perawatan kesehatan primer yang membantu pasien mengatasi nya atau kondisinya dengan merancang, menerapkan, dan memodifikasi intervensi terapi untuk meringankan kondisi yang ada. Sebagian besar intervensi menggunakan sarana fisik perawatan, seperti terapi manual, latihan resep dan berbagai modalitas. SiswaFisioterapi  menyelesaikan program studi sarjana 4 tahun, dan kemudian 3 atau 4 tahun gelar kehormatan dalam terapi fisik. Pendidikan yang terlibat mencakup latar belakang yang solid dalam teori serta menghabiskan baik jumlah jam dalam pengalaman klinis bekerja dengan pasien sebagai bagian dari program sarjana. Beberapa hal yang dibahas oleh kursus adalah anatomi, fisiologi, patologi, dan bahkan beberapa psikologi. Praktikum juga memperkenalkan mahasiswa fisioterapi untuk mahasiswa kedokteran lainnya dari disiplin lain. Interaksi ini sangat penting dalam membantu menumbuhkan hubungan tim antar-profesional membangun dalam perawatan kesehatan.
Nah itu sebagian penjelasan dari fisioterapi sendiri, banyak loh yang bilang tau kalo fisioterapi itu kaya “tukang urut” tapi asal kalian tau aja ya fisioterapi itu belajarnya susah loh hampir sama kaya anak kedokteran yang mempelajari anantomi tubuh dan fisiologi tubuh cuma gak terlalu mendalam. Perbedaan lainnya yaitu seorang dokter medis yang secara hukum memenuhi syarat untuk mengeluarkan resep medis sementara seorang fisioterapis tidak memiliki kelayakan ini. Berbeda dari fungsi utama dari seorang dokter yang meresepkan obat, seorang fisioterapis lebih cenderung ke dalam menyediakan program pengobatan yang ditargetkan untuk mengembalikan kapasitas fungsional pasien.

Kegiatan Apa Yang Dapat Dilakukan Oleh Ahli Fisioterapi ?

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan dan modalitas yang disertakan dalam fisioterapi:
- Latihan fisik dan latihan ROM, dengan tetap memperhatikan tingkat kesehatan klien saat ini
- Terapi manual, untuk membantu proses pemulihan klien dengan menggunakan tangan terapis dalam menghilangkan kekakuan otot dan nyeri, sambil mendorong aliran darah ke bagian tubuh yang terkena.
- Modalitas kesehatan lainnya seperti akupunktur dalam mengurangi nyeri.

Terus Kenapa Pilih Fisioterapi ?

Kalo alasan aku sendiri kenapa milih fisioterapi karena menurut aku fisioterapis itu sendiri masih jarang di Indonesia dan untuk prospek kedepannya bagus tapi itu juga dibarengin sama minat dan bakat aku (semogaajabenerbakataku). Lagi pula nantinya seorang fisioterapis bisa ngebuka praktiknya sendiri atau klinik. Orang tua aku juga sih nyaranin untuk masuk jurusan ini. Asal kalian tau juga ya di luar negeri itu fisioterapi itu di hormatin dan setara dengan dokter spesialis. 

Udah pahamkan apa itu fisioterapi jadi jangan sebut kita lagi sebagai "tukang urut" .Sekian dulu ya posting ku tentang jurusan ku ini, mohon maaf kalo ada salah pengetikan dan bahasa yang salah. Wassalamualaikum. Thank you for reading my post!!


TEEHEE
Bersumber Dari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar