Garmega Virginia

Rabu, 20 Agustus 2014

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis

Hai kali ini aku mau ngeshare gimana caranya bikin daftar pustaka secara otomatis. Ternyata ada cara yang lebih simple loh. 

Begini caranya :

Pertama, setiap kalimat yang Anda kutip, langsung Anda masukkan sumbernya, caranya yaitu letakkan kursor diujung kalimat yang kamu kutip. 

Kemudian klik ReferenceInsert Citation, pilih Add New Source.

.
  
Maka akan muncul kotak Create Source.


Kemudian Anda tinggal memilih bentuk sumber yang Anda gunakan, Book, Report, Journal Article, dsb.

 
Misalnya saya memilih Laporan, maka isi kolom Author, Title, Year, Publisher, City.


Pada bagian Author di pilih Corporate Author, karena penyusun laporan tersebut adalah institusi bukan individu.
Setelah selesai maka akan muncul pada kursor yang Anda letakkan tadi berupa Innote,


Innote tersebut, bisa Anda delete jika Anda tidak menggunakan format referensi berupa Innote. Namun, referensi tersebut akan tetap dan akan tetap muncul pada Daftar Pustaka saat Anda memilih Bibliography di akhir cara ini.
Adapun jika referensi Anda berupa Jurnal, maka pilih Journal Article,

Kemudian, jika Author dari referensi Anda adalah individu, maka isi pada kolom Author. Gunakan ., (titik koma) untuk memisahkan Author yang lebih dari satu orang.

Setelah selesai maka akan Innote akan muncul kembali, Misalnya: (Asamoah, Moussa, Stafström, & Musinguzi, 2011),
etelah selesai memasukkan semua sumber, letakkan kursor pada bagian halaman untuk Daftar Pustaka, biasanya dihalaman akhir setelah BAB 3 Penutup.
Klik Reference, Klik Bibiliography,

Kemudian pilih Bibiliography.

Maka akan muncul Daftar Pustaka tersebut sebagai berikut.

Selanjutnya Anda hanya tinggal merapikannya, misalnya saya ubah Bibliography menjadi DAFTAR PUSTAKA, memperbaiki Style tulisan (Times New Roman, 12, rata kiri kanan, spasi 2),

Biasanya bagian bawah lebih menjorok kedalam, Anda tinggal blok Daftar Pustaka Anda dengan cara klik pada bagian pojok kiri Daftar Pustaka pada tanda titik tiga,
 
Maka secara otomatis Daftar Pustaka Anda ter-blok semua,


 Selanjutnya, Anda tinggal menggeser Indent (Hanging Indent) yang berada diatas tepatnya dibawah deretan menu. Misalnya saya geser seperti berikut,


Maka, Daftar Pustaka Anda berubah menjadi seperti berikut ini,


Anda juga bisa mengubah Style Daftar Pustaka sesuai dengan yang Anda inginkan,



 Misalnya APA, Chicago, Harvard, dsb,

Jika setelah itu Anda memasukkan kembali sumber yang lain, Anda tinggal mengklik Update yang terdapat pada bagian atas tabel Daftar Pustaka tersebut.

Kemudian rapikan kembali Daftar Pustaka Anda.


 Akhirnya Daftar Pustaka Anda selesai.
Ayo silahkan dicoba…!!!

Dikutip dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar